Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Apa standar ISO 9001? Gambaran umum langsung


Apa kepanjangan dari ISO 9001? ISO 9001 adalah mode di seluruh dunia untuk mengembangkan Sistem Manajemen Mutu (SMM), yang diterbitkan oleh ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi). Modis berubah menjadi yang paling saat ini diperbarui pada tahun 2015, dan disebut sebagai ISO 9001: 2015. Agar dapat diluncurkan dan diperbarui, ISO 9001 perlu disepakati dengan menggunakan mayoritas negara anggota agar dapat tumbuh menjadi populer yang diakui di seluruh dunia, ini berarti bahwa itu adalah standar melalui mayoritas negara di seluruh dunia di seluruh dunia.

Apa sistem kontrol yang sangat baik? Definisi ISO 9001 mungkin bahwa modis ini menawarkan persyaratan SMM untuk diterapkan pada pemberi kerja yang ingin menciptakan semua kebijakan, pendekatan, dan pendekatan yang penting untuk menyediakan produk dan layanan yang memenuhi keinginan pelanggan dan peraturan serta meningkatkan kepuasan konsumen. Sistem manajemen mutu adalah dasar dari olahraga jaminan yang menyenangkan. Mengapa ISO 9001 penting?

Seperti yang dinyatakan di atas, ISO 9001: 2015 adalah jenderal yang diakui di seluruh dunia untuk menumbuhkan, menerapkan, dan mempertahankan Sistem Manajemen Mutu untuk pemberi kerja. Ini dimaksudkan untuk digunakan oleh kelompok-kelompok dengan panjang atau perusahaan apa pun, dan dapat digunakan oleh majikan mana pun. Sebagai orang yang dikenal secara global, diakui sebagai dasar bagi agensi mana pun untuk menciptakan sistem untuk membuat kebanggaan dan pengembangan pelanggan tertentu dan, dengan demikian, banyak bisnis memerlukan sertifikasi ini dari penyedia mereka.

Sertifikasi ISO 9001 memberi pelanggan Anda kepastian bahwa Anda telah menghubungkan Sistem Manajemen Mutu berdasarkan tujuh konsep manajemen ISO 9001 yang luar biasa. Untuk memeriksa lebih lanjut tentang ide kontrol kelas satu di balik standar ISO 9001, uji buletin ini: Tujuh Prinsip Manajemen Mutu di balik kebutuhan ISO 9001.

Sebenarnya, ISO 9001 adalah jenderal yang sangat penting dan berpengaruh sehingga digunakan sebagai ide sementara kelompok perusahaan ingin membuat persyaratan industri mereka sendiri; ini terdiri dari AS9100 untuk perusahaan kedirgantaraan, ISO 13485 untuk perusahaan perangkat medis, dan IATF 16949 untuk industri otomotif.Sebuah survei sertifikasi ISO 9001 pada penghentian tahun 2017 menunjukkan bahwa, tidak peduli resesi global, berbagai lembaga yang telah menerapkan kontrol luar biasa ISO 9001 tetap stabil secara global. Di bawah ini adalah hasil dari durasi enam tahun sebelumnya.

Data diambil dari Survei ISO 2017Apakah ISO 9001 kontemporer yang trendi?

Revisi kontemporer standar adalah ISO 9001:2015. ISO 9001 2015 lebih disukai, dari waktu ke waktu disebut sebagai ISO 9001 revisi 2015, berubah menjadi dirilis pada Oktober 2015 dan mengubah revisi sebelumnya ISO 9001: 2008. Revisi terbaru ini terdiri dari beberapa strategi dari revisi sebelumnya yang biasa, dengan pengakuan yang lebih besar pada pemikiran berbasis ancaman dan memahami konteks organisasi. Untuk membantu variasi ini, telah ada alternatif struktural utama dari ISO 9001:2008 yang disukai – klausa utama dari yang lama yang sama unik antara revisi 2015 dan 2008.Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyesuaian, lihat artikel ini: Infografis: ISO 9001: 2015 vs. revisi 2008 - Apa yang telah berubah? Apa itu ISO 9001:2008?

ISO 9001:2008 adalah revisi dari ISO 9001 yang tersebar luas yang ditarik pada tahun 2015. ISO 9001:2008 berubah menjadi berdasarkan sepenuhnya pada pendahulunya, ISO 9001:2000, dengan beberapa tambahan kecil. ISO 9001:2000 berubah menjadi revisi utama ISO 9001 lebih disukai untuk didasarkan sepenuhnya pada tujuh prinsip manajemen menyenangkan yang diidentifikasi di atas yang membuat persyaratan lama yang sama kira-kira seluruh banyak yang dilakukan organisasi untuk menciptakan produk dan layanan. Revisi ISO 9001 yang lebih awal dari revisi ISO 9001:2000 (ISO 9001:1987 & ISO 9001 1994) terutama didasarkan pada penulisan dan mengikuti 20 metode tertentu, dalam preferensi untuk mengetahui teknik organisasi. ISO 9000 vs ISO 9001

Sementara ISO 9001: 2015 adalah ISO modern yang modis untuk menumbuhkan Sistem Manajemen Mutu, ada file lain dalam keluarga ISO 9000 sendiri yang membantu persyaratan ISO 9001. ISO 9000 menjelaskan tujuh standar kontrol kualitas di bagian belakang ISO 9001, dan mendefinisikan semua istilah yang digunakan dalam ISO 9001 yang tersebar luas. Selain itu, ISO 9004 memberikan arahan untuk membuat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 ekstra sukses dan mengkhususkan diri dalam cara meningkatkan metode ISO 9001 yang diterapkan dengan cara memberikan beberapa data latihan yang bagus.Apa tujuan dari ISO?

Dengan semua pembicaraan ini tentang persyaratan ISO, sangat umum untuk mengagumi apa itu ISO. Organisasi Internasional untuk Standardisasi (disebut ISO, karena ini adalah kata Yunani untuk "hal yang sama") adalah perusahaan bisnis di seluruh dunia yang menciptakan serangkaian kebutuhan dan petunjuk yang diketahui dengan baik untuk membantu organisasi di seluruh dunia berperilaku dengan cara yang lebih stabil. Organisasi ISO mengembangkan, menerbitkan, dan menyimpan lebih dari 22.450 persyaratan melalui komite teknis yang terdiri dari anggota dari seluruh dunia. Persyaratan ini menawarkan data tentang cara membuat tata letak dan membangun produk, melakukan pengujian unik, dan membuat sistem manajemen.

Penting untuk dikatakan bahwa ISO sekarang tidak memberikan sertifikasi atau audit atau penilaian kesesuaian. ISO benar-benar khawatir dalam pemeliharaan standar, dan itu membuat evaluasi kelompok bertentangan dengan persyaratan untuk lembaga sertifikasi eksternal.

QMS & PersyaratanApa persyaratan ISO 9001?

Struktur iso 9001:2015 umum dipecah menjadi 10 bagian (klausa). 3 yang pertama adalah pengantar, pada saat yang sama dengan tujuh penutupan menggabungkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu di mana suatu perusahaan dapat dilisensikan. Inilah yang dimaksud dengan tujuh klausa dominan:

Klausul 4: Konteks korporasi - Segmen ini berbicara tentang persyaratan untuk informasi perusahaan Anda dengan maksud untuk menerapkan SMM. Ini terdiri dari persyaratan untuk mengidentifikasi masalah internal dan eksternal, mengidentifikasi peristiwa yang terlibat dan harapan mereka, menentukan ruang lingkup SMM, dan mengidentifikasi proses Anda dan cara mereka berinteraksi. Harapan pihak-pihak yang berkepentingan termasuk kebutuhan regulasi juga.

Klausul 5: Kepemimpinan – Kebutuhan manajemen mencakup keinginan agar kontrol puncak berperan penting dalam implementasi SMM. Manajemen puncak perlu menunjukkan dedikasi kepada SMM melalui memastikan pengakuan konsumen, mendefinisikan dan berbicara tentang kebijakan yang memuaskan, dan menetapkan peran dan tanggung jawab pada tahap tertentu dalam organisasi.

Klausul 6: Perencanaan – Manajemen puncak juga harus merencanakan fungsi berkelanjutan dari SMM. Risiko dan kemungkinan SMM di agensi perlu dinilai, dan tujuan yang baik untuk perbaikan perlu diakui dan rencana dibuat untuk melakukan tujuan ini.

Klausul 7: Dukungan - Segmen bantuan berkaitan dengan pengelolaan semua aset untuk SMM, menutupi kebutuhan untuk memanipulasi semua sumber, termasuk sumber manusia, bangunan dan infrastruktur, lingkungan kerja, pemantauan dan sumber daya dimensi, dan pemahaman organisasi. Fase ini juga terdiri dari persyaratan seputar kompetensi, pengakuan, komunikasi, dan pengendalian informasi yang terdokumentasi (dokumen dan data yang diperlukan pada metode Anda).

Klausul delapan: Operasi – Persyaratan operasi membahas semua faktor perencanaan dan munculnya layanan atau produk. Segmen ini mencakup persyaratan untuk membuat rencana, evaluasi kebutuhan produk, desain, mengendalikan penyedia luar, mengembangkan dan melepaskan layanan atau produk, dan mengendalikan output metode yang tidak sesuai.

Klausul sembilan: Evaluasi kinerja – Fase ini mencakup kebutuhan yang harus memastikan bahwa Anda dapat memantau apakah SMM Anda berfungsi dengan baik atau tidak. Ini termasuk melacak dan mengukur taktik Anda, menilai kepuasan pelanggan, audit internal, dan evaluasi kontrol berkelanjutan dari SMM.

Klausul 10: Perbaikan - Bagian penutup ini terdiri dari kebutuhan yang diperlukan untuk membuat SMM Anda lebih tinggi dari waktu ke waktu. Ini termasuk kebutuhan untuk mengevaluasi ketidaksesuaian metode dan mengambil gerakan korektif untuk metode.

Bagian-bagian ini didasarkan pada siklus Plan-Do-Check-Act, yang memanfaatkan faktor-faktor tersebut untuk mengimplementasikan perdagangan dalam teknik korporasi sehingga dapat mendorong dan menjaga peningkatan dalam taktik.

Untuk melihat persyaratan tertentu dari yang biasa, turunkan buku putih longgar ini: Klarifikasi klausa-melalui-klausa ISO 9001 (PDF). Apa itu sistem kontrol kelas satu?

Sistem Manajemen Mutu, yang sering disebut sebagai SMM, adalah seperangkat peraturan, strategi, strategi yang terdokumentasi, dan statistik. Rangkaian dokumentasi ini mendefinisikan serangkaian kebijakan dalam dengan tujuan untuk mengatur bagaimana agensi Anda membuat dan dapat menyediakan layanan atau produk Anda kepada klien Anda. SMM perlu dibuat khusus dengan keinginan perusahaan Anda dan layanan atau produk yang Anda tawarkan, tetapi standar ISO 9001 memberikan saran yang keras dan cepat untuk membantu memastikan bahwa Anda tidak lagi melewati elemen penting apa pun yang dibutuhkan SMM untuk mencapai kesuksesan.

Posting Komentar

0 Komentar