ISO 9001, Standar Manajemen Mutu yang paling dikenal di dunia, adalah kebutuhan tetap yang memandu kelompok dalam menegakkan praktik manajemen standar untuk meningkatkan kesenangan luar biasa dan pembeli. Ini digunakan oleh sekitar satu setengah juta organisasi di lebih dari seratus sembilan puluh negara,

ISO 9001 membahas Manajemen Mutu. Ini mengacu pada apa yang dilakukan perusahaan atau bisnis untuk memuaskan:

kebutuhan pelanggan mereka dan persyaratan peraturan yang berlaku,

hiasi kebanggaan pelanggan dan perolehan pengembangan yang gigih dari kinerja keseluruhannya.

Perusahaan yang mematuhi kebutuhan ISO 9001 telah menerapkan "Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001". Kemudian layak untuk mencapai sertifikat yang memberikan bukti bahwa perusahaan telah menerapkan ISO 9001 dan mengikuti semua kebutuhannya – "sertifikasi ISO 9001" yang dibedakan.

ISO 9001, Standar Manajemen Mutu arena yang paling dikenal, menghasilkan banyak peningkatan operasional, manfaat kelas satu dan periklanan yang lebih tinggi. Kelebihan ISO 9001

Sebagian besar bisnis mendapatkan keuntungan besar dengan mengikuti persyaratan ISO 9001 dan melindungi sertifikasi ISO 9001. Manfaat ini dapat dibagi menjadi tiga lembaga:Pengembangan internalISO 9001 adalah alat yang luar biasa untuk memperluas fondasi kokoh untuk praktik berkualitas tinggi, proses bisnis yang efektif, dan struktur perusahaan hijau yang tergabung. Strategi dan sistem bisnis sangat penting untuk kinerja dan perluasan pemberi kerja mana pun. Setelah meningkatkan proses bisnis sesuai dengan kebutuhan ISO 9001: 2015, perusahaan biasanya melihat peningkatan kualitas, penurunan pemborosan dan perombakan harga yang mahal, dan tahap kesenangan pelanggan dan penyedia yang lebih baik. Ingat: iso 9001 wellknown maju dengan tujuan untuk memberi kelompok alat yang sebenarnya dan masuk akal untuk meningkatkan bisnis mereka.PemasaranSertifikasi ISO 9001 adalah alat periklanan yang penting dan kuat, dan standar hebat arena yang dianggap kelas satu. Sertifikasi menunjukkan pelanggan Anda bahwa Anda sangat luar biasa, proaktif, dan mengutamakan kesenangan klien. Banyak perusahaan mencoba menemukan sertifikasi ISO 9001 hanya untuk fungsi periklanan.Kebutuhan pelangganSemakin umum bagi klien untuk memutuskan pembelian dari organisasi berlisensi ISO 9001. Jika klien Anda adalah agen besar atau bisnis pemerintah, mereka akan mengharuskan agensi Anda bersertifikat ISO 9001 sehingga Anda dapat melakukan bisnis dengan Anda. Banyak organisasi dipaksa untuk menerapkan SMM ISO 9001 dan mencapai sertifikasi - atau kehilangan pelanggan mereka.Iso

ISO 9001 diposting melalui Organisasi Internasional untuk Standardisasi, sebuah perusahaan bisnis nirlaba yang biasanya disebut ISO (ISO bukan akronim namun referensi ke frasa Yunani untuk "identik").

ISO terdiri dari anggota badan kami dari sekitar 190 negara, dan mengembangkan serta menerbitkan standar di seluruh dunia. Sebagian besar standar ini adalah untuk layanan dan produk tetapi beberapa, seperti ISO 9001 dan ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan) adalah standar untuk struktur manajemen. Semua persyaratan dirancang untuk digunakan secara internasional.

Sementara ISO 9001 telah diterjemahkan ke dalam bahasa yang tak terbatas, kontennya sama di setiap amerika serikat. Beberapa peserta nasional ISO telah mengubah nama ISO 9001 lebih suka memasukkan nama tersebut ke dalam organisasi nasional mereka sendiri (misalnya, ISO 9001 yang disukai disebut AS/NZS ISO 9001 di Australia dan Selandia Baru); namun, materi konten yang sebenarnya tidak berubah. Sertifikasi ISO 9001

Sertifikasi ISO 9001 (juga disebut sebagai akreditasi atau pendaftaran) berfungsi sebagai bukti bahwa suatu lembaga mematuhi kebutuhan ISO 9001 dan telah mengikuti Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 yang kuat.

Sertifikasi bersifat elektif tetapi organisasi maksimum yang memberlakukan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 juga mencari pendaftaran untuk motif iklan atau untuk memenuhi persyaratan pelanggan. Agar sertifikasi ISO 9001 menjadi sah, sertifikat harus dikeluarkan oleh pencatat yang tidak memihak dan berwenang, dan menyandang lambang panitera dan kerangka akreditasi. Badan akreditasi yang diakui dengan baik terdiri dari ANAB, UKAS, dan JAS-ANZ.

Tanda sertifikasi ISO 9001 dengan logo registrar (Lloyd's Register) dan accreditation board (ANAB)

ISO sendiri tidak lagi menawarkan sertifikasi apa pun, juga pemberi kerja tidak mensertifikasi lembaga atau mengakreditasi pendaftar atau dewan akreditasi. Berikut adalah cara kerja sertifikasi ISO 9001:

Perusahaan dan agensi yang berbeda mendapatkan sertifikasi ISO 9001 dengan menggunakan registrar resmi. Teknik sertifikasi mensyaratkan registrar yang mengirim satu atau lebih besar auditor untuk melakukan penilaian di tempat terhadap Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 perusahaan.Auditor juga mengevaluasi dan memeriksa dokumentasi ISO 9001 pemberi kerja. Jika ketidaksesuaian (yaitu, contoh inkonsistensi atau ketidakpatuhan terhadap persyaratan ISO 9001) diamati, perusahaan yang diaudit harus akurat masalah sebelum sertifikasi ISO 9001 dapat dikeluarkan.

Pendaftar terakreditasi (selain itu disebut lembaga sertifikasi yang disetujui) dilisensikan berdasarkan iso/IEC TS 17021 modis. Evaluasi dan sertifikasi mereka diakhiri dengan bantuan dewan akreditasi yang didiagnosis yang menegaskan kompetensi, ketidakberpihakan, dan kemampuan mereka dalam mengaudit dan mengeluarkan sertifikasi yang dipilih (dalam situasi ini, sertifikasi ISO 9001). Sertifikasi registrar disebut akreditasi.

Forum akreditasi sering diatur dengan menggunakan pemerintah negara mereka. Di Eropa, setiap anggota Uni Eropa harus menyewa satu badan akreditasi di seluruh negara (misalnya, UKAS di dalam Inggris Raya). Di luar UE, tidak selalu ada peraturan yang ditetapkan. Australia dan Selandia Baru memiliki Sistem Akreditasi Bersama Australia dan Selandia Baru (JAS-ANZ), dan Amerika Serikat memiliki beberapa akreditasi badan kami (misalnya, ANAB, Dewan Akreditasi Nasional ANSI-ASQ).

Auditor yang melukis untuk registrar yang diizinkan harus mengikuti kebutuhan ISO 19011:2018: Pedoman untuk Sistem Manajemen Audit dan menerima sertifikasi melalui dewan akreditasi yang setara dengan registrar yang diterima.

Sebuah kata peringatanWaspadalah terhadap sertifikat ISO 9001 yang dikeluarkan dengan bantuan perusahaan tidak etis yang tidak memiliki akreditasi. Beberapa spesialis dan perusahaan template "menjamin" sertifikasi ISO 9001 dan kesulitan "sertifikat ISO 9001" yang tidak disponsori dengan menggunakan dewan akreditasi. Menampilkan semacam "sertifikat" mungkin akan menjadi bumerang dan menggambarkan pembawanya sebagai kecurangan.

Biasanya, tahun revisi ditambahkan ke ISO 9001 untuk membedakan revisi yang khas. Misalnya, sertifikasi ISO 9001: 2015, pendaftaran ISO 9001: 2015, dan akreditasi ISO 9001: 2015 semuanya mengklarifikasi bahwa kita berbicara tentang revisi paling modern, dirilis pada bulan September 2015.Lingkaran kerabat standar

ISO 9000 pada kenyataannya adalah seluruh kumpulan persyaratan yang terdiri dari Standar ISO 9000, Standar ISO 9001 yang terkenal dan Standar ISO 9004 yang kurang diakui.Semua 3 diterbitkan dan direvisi secara berkala melalui Organisasi Standar Internasional.

ISO 9000Standar ISO 9000, secara resmi disebut ISO 9000: Sistem Manajemen Mutu - Dasar-dasar dan Kosakata adalah dokumen tambahan yang mendefinisikan kosakata yang digunakan dalam ISO 9001 dan ISO 9004.ISO 9000 yang sebenarnya populer sangat tidak dikenal dan orang-orang maksimum yang mengatakan "ISO 9000" dengan jelas menunjukkan ISO 9001 tersebar luas.

ISO 9001Iso 9001 trendi, secara resmi disebut sebagai ISO 9001: Sistem Manajemen Mutu - Persyaratan, adalah hal utama dari pengumpulan persyaratan ISO 9000: ini berisi persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu (SMM) perusahaan bisnis; ini adalah persyaratan yang bertentangan dengan perusahaan (atau perusahaan apa pun) yang dapat dilisensikan dan mendapatkan sertifikasi ISO 9001.

ISO 9004ISO 9004 populer, yang secara resmi disebut sebagai ISO 9004: Manajemen Kualitas - Kualitas Organisasi - Panduan untuk Mencapai Kesuksesan Berkelanjutan, termasuk petunjuk non-wajib untuk selain memperbesar berkah ISO 9001 menjadi berbagai pihak yang jauh lebih luas, bersama dengan masyarakat yang modis. ISO 9004 sedikit dikenali dan jarang digunakan, mungkin karena fakta bahwa seseorang tidak dapat menuai sertifikasi terhadap ISO 9004.

Bagaimana dengan ISO 9002 dan ISO 9003?Baik ISO 9002 dan ISO 9003 sekarang tidak digunakan. Pada tahun 2000, ISO 9001, ISO 9002 dan ISO 9003 semuanya telah digabungkan menjadi ISO 9001.Namun, sebelum 12 bulan 2000, bisnis melakukan sertifikasi di salah satu dari 3 standar.

Hingga 12 bulan 2000, ISO 9001 berubah menjadi digunakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang tata letak, perbaikan, manufaktur, pengaturan, dan servis. Selama titik itu, ISO 9001 berubah menjadi umumnya dipertimbangkan untuk menjadi tren yang bagus khusus untuk agen produksi.